UAY Gelar Workshop RIP dan RENSTRA Pengabdian Masyarakat

ppm-uay

Peraturan menteri Ristek Dikti No 44 Tahun 2015 tentang standar nasional perguruan tinggi pasal 62 ayat 1 dan 2 mengamanatkan bahwa Perguruan Tinggi wajib menyusun Renstra Pengabdian kepada masyarakat yang merupakan bagian dari renstra PT. terkait hal tersebut, Universitas Achmad Yani (UAY) melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) mengadakan “Workshop Penyusunan RIP dan RENSTRA Pengabdian Kepada Masyarakat” di Aula Rapat Rektorat UAY dengan melibatkan segenap pimpinan, para dosen dan juga para ahli dalam pengabdian kepada masyarakat.

Acara ini dibuka oleh Rektor UAY, Dr. Ir. Hastirullah Fitrah, MP. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa yang terpenting dalam penyusunan RIP dan Renstra adalah dilakukannya social mapping yang mengutamakan aspek kewilayahan dengan sinergi perguruan tinggi. Hal ini selaras dengan prinsip dasar dalam PPM oleh KemenristekDikti yaitu: 1) berbasis kewilayahan, 2) berdasar permasalahan, kebutuhan atau tantangan di masyarakat, 3) sinergi multidisiplin dan bermitra, 4) kegiatan terstruktur dengan target luaran yang jelas dan dapat diukur dan 5) berkelanjutan, tuntas dan bermakna.

Dalam acara ini disampaikan draft renstra ppm yang telah disusun oleh tim PPM UAY. Diskusi mengenai draft ini mendapat beberapa masukan positif dari pemateri dan peserta, salah satunya penggunaan data pengabdian masyarakat sebelumnya yang dapat digunakan sebagai data dalam melakukan social mapping program pengabdian kepada masyarakat.

Harapan dari terselenggaranya kegiatan ini bahwa peserta dapat berkolaborasi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang tersusun dalam Renstra PPM UAY 2016-2020.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *